Demo Site

Cermat Memilih Lampu 'Super Terang' HID

Trend lampu HID memang tengah menjadi trend, karena harga yang semakin terjangkau. Hal itu disebabkan maraknya serangan produk HID buatan China. Lampu HID (High Intensity Discharge) atau yang lebih dikenal dengan nama lampu Xenon, mampu menghasilkan cahaya dengan tingkat intensitas tinggi.

Berbagai keunggulan serta hasil yang maksimal dari segala aspek pastilah menjadi pilihan konsumen. Penentu tingkat keterangan warna lampu HID dikenal dengan satuan derajat Kelvin (K), setiap HID dilengkapi dengan penggunaan Ballast yang berfungsi sebagai penyedia dan pengendali voltase yang sekaligus berfungsi untuk menstabilkan arus listrik.

Lampu HID memiliki cukup banyak keuntungan, yakni tiga kali lebih terang daripada yang konvensional. Selain itu, lampu HID dapat memberikan jarak penglihatan jalan di depan depan lebih lebar sampai dengan 70%. Lampu HID juga dapat menghemat konsumsi daya berkisar antara 25% sampai 35%.

Nah, pandai dan smart dalam menentukan pilihan lampu HID sepertinya menjadi point penting pengguna kendaraan, baik mobil maupun motor. Berbagai jenis lampu HID yang ada dengan model H1,H3,H4,H7,H8,H11,HB3,HB4. Yang membedakan tipe satu dengan yang lainnya yakni pada kedudukan bohlamnya, sementara ballast yang digunakan sama pada semua tipe.

Model yang umum beredar di Indonesia adalah tipe H4 dimana antara lampu jauh dengan lampu dekat jadi satu. Warna yang dihasilkan diperoleh dari tingkat besaran derajat Kelvin-nya, makin besar derajat Kelvin-nya makin terang pula warna yang dihasilkan.

Biasanya yang tersedia di pasaran antara lain 4000K dengan warna kuning, 6000K dengan warna putih, 8000K dengan warna putih kebiru-biruan, 10000K dengan warna biru keungu-unguan, dan 12000K dengan warna ungu. Dengan banyaknya warna memang menjadikan banyak pilihan, namun dalam memilih Lampu HID sebenarnya sangatlah mudah.

Yang harus dicermati, untuk memilih lampu HID sebaiknya memperhatikan faktor fungsional nya dan setelah itu baru lah faktor fashion. Jangan memilih HID dengan besaran Kelvin-nya yang terlalu tinggi, karena bisa membahayakan pengendara lain. Terlebih saat hujan pandangan akan terbatas dan tidak jelas, selain itu setel posisi tinggi rendahnya pancaran sorotan lampu.

Keunggulan lampu HID memang tahan lama, biasanya dapat bertahan hingga sekitar sepuluh tahun. Dalam hal ini tergantung tingkat pemakaian dan bila ada kerusakan beberapa toko bahkan berani menjamin untuk mengganti ulang satu set langsung. Banyak juga toko yang menjual dengan harga murah dan mendapatkan garansi yang lama.

Sedikit tips dalam menggunakan lampu HID, agar umur pakai HID awet dan bertahan lama. Sebaiknya Anda tidak berusaha mematikannya sesaat setelah dihidupkan. Lampu jenis ini biasanya memerlukan 60 detik untuk pemanasan sebelum bisa beroperasi normal. Oleh karena itu, jangan mencoba untuk memainkannya, karena kemungkinan rusak akan lebih cepat.