TOP 10 US/EURO RACING CAR
Mobil balap adalah sebuah 'mahakarya' yang dirancang untuk meraih satu tujuan, yaitu menang. Performa pun dimaksimalkan melalui pengembangan teknologi dan puluhan tahun pengalaman dalam riset. Kalibrasi dilakukan sedemikian detil, agar paduan dari berbagai komponen pendukung bisa mencapai kesempurnaan. Meskipun alasan utama penciptaan adalah untuk memenangkan perlombaan, seiring perkembangan jaman, sebuah mobil balap terlalu indah jika hanya dipandang sebagai kendaraan semata. 'Kecerdikan' teknis, keindahan rancang bangun dan prestasi mobil tersebut dalam dunia balap, adalah beberapa segi yang menjadi daya tarik, sehingga menghantarkan mereka mencapai apresiasi membanggakan dari para pencinta otomotif seluruh dunia.
Berikut adalah daftar 10 mobil balap legendaris sepanjang masa dan mendapat pengakuan secara internasional.
MX-5 juga dikenal sebagai Miata di Amerika Utara dan disebut sebagai Eunos Roadster di Jepang, adalah roadster ringan dua kursi, mesin depan, berpenggerak roda belakang, dibangun oleh Mazda di Hiroshima, Jepang. Model ini pertama kali diperkenalkan pada 1989 di Chicago Auto Show. MX-5 dibentuk sebagai roadster kecil, dengan bobot ringan dan kompleksitas mekanis yang minimal, disesuaikan dengan standar pengendaraan dan keamanan.
AC Cobra, yang dijual dengan nama Ford/Shelby AC Cobra di Amerika Serikat dan sering disebut sebagai Shelby Cobra, adalah sebuah mobil sport Inggris bermesin Amerika yang diproduksi terbatas sejak 1962.
Porsche Carrera GT (kode produksi 980) adalah mobil sport bermesin tengah yang dibangun oleh Prosche antara 2004 – 2007 di Leipzig, Jerman. Carrera GT berhasil menduduki peringkat atas dalam daftar Top Sports Cars di tahun 2000-an dan peringkat delapan dalam daftar Top Sports Cars sepanjang masa.
Porsche 356 adalah produksi pertama dari Porsche. Ini adalah mobil sport kupe ‘kelas ringan’ beratap keras, dengan mesin dan penggerak roda belakang, dua pintu dan pengendalian yang mudah. Inovasi desain berlanjut selama beberapa tahun produksinya dan sangat menentukan kesuksesan genre sport serta popularitasnya
Porsche 911 adalah Grand Tourer dua-pintu yang dibuat oleh Porsche AG yang berpusat di Stuttgart, Jerman. Mobil ini memiliki desain yang unik, bermesin belakang dan suspensi belakang independen, yang merupakan evolusi dari poros ayun pada Porsche 356.
Mercedes-Benz 300SL adalah turunan pertama dari SL-Class grand tourer convertible dan produksi tercepat pada masanya. Berkode produksi W198, varian ini diperkenalkan pada 1954 sebagai sebuah mobil sport dengan pintu ‘gull-wing’ dan kemudian ditawarkan sebagai roadster berkap terbuka.
Lamborghini Miura adalah mobil sport yang diproduksi oleh Lamborghini, pabrikan otomotif asal Italia, antara 1966 dan 1972. Mobil ini diperkenalkan secara luas untuk memulai tren mobil dengan performa tinggi, dua kursi dan mesin tengah. Saat peluncuran, ini adalah produksi tercepat untuk sebuah mobil ‘jalanan’yang pernah ada.
Jaguar E-Type atau yang juga dikenal sebagai Jaguar XK-E adalah mobil sport asal Inggris, yang diproduksi oleh Jaguar Cars, Ltd., antara 1961 hingga 1974. Mobil ini menggabungkan keindahan tampilan, performa prima dan harga terjangkau, berhasil menempatkannya sebagai ikon pada 1960-an. Lebih dari 70.000 unit E-Type terjual saat itu
McLaren F1 adalah mobil sport yang didesain dan produksi oleh McLaren Automotive. Berawal dari konsep yang dibuat Gordon Murray, ia kemudian berhasil meyakinkan Ron Dennis untuk menggarap proyek tersebut dan merangkul Peter Stevens untuk mendesain eksteriornya. Pada 31 Maret 1998 mobil ini berhasil mencetak rekor sebagai mobil tercepat di dunia, dengan kecepatan maksimum 390,99 kpj.
Ferrari 250 GTO adalah mobil GT yang diproduksi Ferrari dari 1962 hingga 1964 untuk menyesuaikan dengan kategori Grup 3 Grand Touring Car dari FIA. GTO adalah kepanjangan dari Gran Turismo Omologata.
- SUMBER -