Demo Site

SISTEM SUSPENSI MOBIL


Suspensi dan understeel pada mobil adalah organ tubuh mobil layaknya kaki pada manusia. Sistem juga bisa mengalami cidera seperti keseleo, patah, dll. Pada mobil-mobil konvensional masih menggunakan sistem mekanik, namun pada mobil-mobil modern/ canggih sudah diperlengkapi dengan sistem elektrik. Sebenarnya tidak begitu penting mengenai sistem tersebut (mekanik atau elektrik). Yang terpenting adalah sistem tersebut berjalan dengan optimal.


Bagian-bagian Suspensi mobil.
* Sistem pengereman
* Support
* Per/Coil Spring
* Shock Absorber/Shock breaker
* Stoper Damper

Bagian Understeel mobil.
* Swing arm
* Boll Joint
* Tie Rod
* Rack And
* Stabiliser

Masalah - masalah yang sering terjadi pada sistem suspensi mobil
* Bantingan keras = kemungkinan shock breker bocor,shock breker macet,per patah.
* Terdengar bunyi-bunyi asing=kemungkinan terjadi karena ada bagian yang longgar,atau terjadi kerusakan shock breaker dan understelnya.
* Ban habis tidak rata/habis sebelah=kemungkinan per patah/melesat dari dudukannya,shock breaker rusak.
* Mobil limbung/oleng pada kecepatan tinggi=shock breaker rusak, lakukan sporing dan balancing.


Beberapa tips untuk merawat suspensi mobil anda.

1. Sebaiknya jangan potong / press per
Per custom bekas potong dan press juga bisa mengganggu kinerja kerja komponen kaki - kaki lain nya, yang mengakibatkan pendeknya umur masa pakai komponen - komponen laen nya tersebut. Imbasnya diantaranya kemampuan suspensi meredam guncangan menjadi terganggu/ tidak maksimal karena tidak stabil nya sifat per dalam menahan bobot body mobil. dari hal ini, berlanjut ke tidak konstannya hasil hitungan mesin spooring terhadap sudut main kaki - kaki mobil. Lebih baik gunakan lowering kit. Saat ini banyak lowering kit yang beredar di pasaran. Baik barang baru maupun bekas. Toh harga lowering kit juga ga mahal, merk GAB untuk Toyota Great Corolla sama harganya dengan 1 set shockbreaker depan+belakang. :D

2. Jika melaju di jalan datar,
usahakan untuk membelokkan stir mobil dengan awalan/ jangan langsung di tarik (seperti saat anda kaget untuk menghindari lubang). hal ini dimaksudkan supaya tie rod mobil anda tidak kaget. Jika hal ini terus menerus dilakukan, tie rod akan kendor dan mobil kehilangan keseimbangan. Bisa kita bayangkan jika sebuah rantai yang saling berkaitan mengalami hentakan, tentunya rantai tersebut akan menjadi longgar. begitu juga dengan rongga pada tie rod.

3. Hindari untuk melewati jalan yang rusak.
Jika mobil anda bukan spesialis di jalanan off road sebaiknya jangan memaksakan diri untuk melewati jalan tersebut. Pilih jalur lain yang lebih nyaman dilewati, meski jaraknya lebih jauh. lebih baik anda kehilangan uang untuk beli bensin daripada untuk servis kaki-kaki yang rusak gara-gara anda sering off road . Jika anda terpaksa melewati jalan yang kurang nyaman tersebut, usahakan ban mobil anda dalam keadaan “cukup tekanan angin” dan tentunya anda harus lebih sabar untuk melewati setiap gundukan-gundukan dan lubang-lubang jalan yang ada.

4. Jangan membawa barang/ penumpang melebihi kapasitas/ daya angkut mobil anda.
Hal ini dapat menyebabkan shock absorber anda melakukan kerja “rodi”. jika hal ini terus dilakukan, kemampuan shock absorber untuk meredam getaran dan menahan beban akan berkurang. akibatnya mobil akan menjadi tidak nyaman saat melewati jalanan yang tidak rata.

5. Periksakan komponen kaki-kaki anda secara berkala (misalkan 3 bulan sekali), dengan demikian, anda akan tahu dan segera dapat mengobati jika ada penyakit yang bersarang di kaki-kaki mobil anda. Jangan tunda penggantian parts (khususnya untuk mobil yang parts-nya mudah didapat di pasaran) apabila diperlukan. Seperti halnya komponen pada tubuh manusia yang saling terkait satu sama lain, komponen mobil juga memiliki keterkaitan. Jika penyakit kecil tersebut tidak segera ditanggulangi, maka komponen lain akan terganggu, akibatnya kinerja mobil menjadi tidak maksimal.

6. Usahakan untuk mengganti parts dengan parts yang asli/ minimal kw-1. Memang harga lebih mahal, namun akan jauh lebih mahal jika anda membeli parts abal-abal yang akhirnya anda akan mengeluarkan uang lagi karena parts tersebut rusak. Tidak ada salahnya anda memberikan yang terbaik untuk mobil kesayangan anda.

7. Lakukan Spooring dan Balancing secara berkala. hal ini dilakukan supaya mobil anda tetap nyaman saat dikemudikan.

8. Saat anda parkir, jangan gerakkan stir anda sebelum ban mobil anda bergerak maju/ mundur. Meski mobil anda sudah dilengkapi dengan power steering, bukan berarti anda bebas menggerakkan stir anda sesuka hati saat mobil keadaan diam.

9. Gunakan velg racing dengan ukuran yang sama atau maksimal naik 2" dari velg pabrikan. Hal ini akan menguntungkan anda karena selain tampilan mobil anda menjadi lebih menarik, velg racing memiliki bobot yang lebih ringan dari velg standar. dengan demikian kinerja mobil bisa lebih maksimal. :D


- dari berbagai sumber -