Demo Site

KODE PADA VELG MOBIL

Kode pada velg umumnya lebih sederhana dibanding kode pada ban. Sebagai contoh: sebuah velg tertera kode 7 x 16  4x100 dan ET +40. Angka 7 pada rangkaian kode 7 x 16 merupakan lebar vleg dalam satuan inci sementara angka 16 merupakan diameter velgdalam satuan inci. Berarti velg tersebut memiliki lebar 7 inci dan berdiameter 16 inci. 
Rangkaian kode 4x100 merupakan kode untuk menunjukkan jumlah baut yaitu 4 baut dan 100 merupakan kode untuk PCD (Pitch Circle Diameter) yaitu diameter pola lingkaran posisi baut dalam satuan milimeter. Jadi jika ada kode 5/112, berarti vleg tersebut memiliki 5 lubang baut dengan PCD 112 mm.

Kode ET merupakan ukuran offset velg. Velg memiliki dua bibir yaitu bibir luar dan bibir dalam. Jika dudukan baut velg berada tepat di tengah-tengah antara bibir luar dan bibir dalam (centerline) berarti velg tersebut memiliki offset 0. Posisi dudukan baut velg semakin ke arah luar berarti velg memiliki offset positif demikian pula sebaliknya jika posisi dudukan roda cenderung lebih ke arah dalam berarti negatif. Jadi jika pada velg tertulis ET +40 itu artinya posisi dudukan baut roda pada velg bergeser ke luar sejauh 40 mm.

offset negatif, offset 0 dan offset positif
Umumnya pemilik kendaraan jarang malakukan kesalahan dalam memilih ukuran ban dan velg serta ukuran PCD. Akan tetapi pemilik kerap lalai mengukur offset-nya hingga baru diketahui setelah ban dan velg siap dipasang atau bahkan setelah dipasang pada kendaraan. Kebanyakan problem yang timbul adalah mentoknya ban dengan komponen bodi kendaraan seperti pada bibir spakbor atau fender, piring dudukan pegas suspensi atau dinding apron maupun dinding rumah roda akibat melupakan faktor offset. Kalau sudah begini, biasanya pemilik menyiasatinya dengan menambahkan spacer agar ban tidak mentok. 
Namun perlu diingat bahwa penggunaan spacer membuat velg memiliki potensi bergeser dari posisinya karena tumpuan velg hanya bergantung pada ikatan baut-baut roda. Seharusnya velg menempel sempurna pada dudukan roda dan tertahan oleh tonjolan poros roda agar posisi roda tetap center pada dudukannya. Jangan sampai velg anda terlepas dari baut roda dikarenakan pemasangan spacer.


- dari berbagai sumber -