Demo Site

Fakta Seputar Warna Mobil

Mobil-mobil berwarna selain putih relatif lebih banyak dicari karena memiliki harga jual yang lebih bagus. Tak hanya itu, warna-warna seperti hitam, merah, silver, dll, dinilai lebih berkarakter ketimbang warna putih.

Namun pernahkah Anda mengetahui bahwa mobil putih lebih 'safe' bagi Anda selama di perjalanan? Beberapa fakta pendukung di bawah ini mungkin bisa menguatkan anggapan tersebut.

Terlepas dari benar atau tidaknya fakta-fakta tersebut, tak ada salahnya kita ikuti beberapa poin berikut ini.

Menurut penelitian Tuev-Nord di Jerman, mobil berwarna putih lebih bisa terlihat walau dalam situasi cuaca yang tak terlalu terang dan jarak yang jauh. Demikian halnya dengan warna kuning.

Mobil berwarna hitam tak terlalu terlihat oleh pengendara mobil lain, bahkan ketika matahari tengah bersinar terik.

Berdasarkan angka kecelakaan dari seluruh dunia, warna-warna gelap beresiko lebih tinggi kecelakaan dibanding warna terang seperti putih dan kuning.

Fakta lain menurut studi Universitas Monash, mobil berwarna pink juga paling sedikit mengalami kecelakaan.

Menurut studi yang dilakukan toko online Halford, warna merah menarik minat burung untuk mendekat dan menumpahkan kotoran di atasnya. Menurut sampel sebanyak 1.140 mobil yang ada di Leeds, Glasgow, Manchester, Bristol, dan Brighton, terungkap bahwa 18 % mobil merah banyak yang menjadi korban kotoran burung.

Pengecatan mobil dengan warna-warni yang menarik butuh proses yang sangat pelik dan prosesnya paling boros energi di pabrik mobil. Porsi konsumsi energi pengecatan mobil mencapai 60 persen dari total energi dalam pabrik. 

Jika dibandingkan untuk proses pengecatan mobil saja, maka energi yang diperlukan setara dengan konsumsi energi untuk 100.000 rumah!

Namun dengan bantuan sebuah algoritma pintar yang kini telah diterapkan di seluruh pabrik Honda di Amerika Utara, berhasil mengurangi penggunaan energi di setiap pabrik hingga 25% dalam satu kali produksi mobil. Itu berarti ada pengurangan konsumsi karbon sampai 10.000 metrik ton.


- sumber -