Demo Site

HEADER 4-2-1 vs 4-1

Hah? Apaan tuh header 4-2-1 atau 4-1? Ya betul, ini adalah konfigurasi dari header yang banyak dipakai pada mobil bermesin 4 silinder. Keduanya memiliki perbedaan pada powerband meskipun memiliki kesamaan yaitu meningkatkan tenaga dengan catatan memakai pipa yang berukuran lebih besar dari bawaan mobil.


Header 4-2-1 biasanya direkomendasikan untuk harian dan masih mendapatkan efisiensi konsumsi bahan bakar karena tenaga maupun torsi meningkat di putaran mesin rendah. Sedangkan header 4-1 lebih ditujukan kepada mobil balap seperti drag race karena kenaikan tenaga dan torsi berada pada putaran mesin tinggi,” buka Yudhi Hartono dari Budi Motor Knalpot.

“Kenapa tenaga dan torsi pada header 4-1 berada di putaran mesin tinggi, karena pada saat sambungan dari 4 pipa menjadi 1 sudah pasti ukuran pipanya besar. Sehingga power band bergeser, misalnya torsi puncak di putaran mesin 4.000 RPM menjadi 5.000 RPM. Jadi semakin besar ukuran pipa, semakin tinggi power band nya,” sambung Weda Bagus Prakoso dari Indonesian Performance.


Maka dari itu, header dengan konfigurasi 4-1 tidak disarankan untuk harian melainkan untuk kebutuhan balap. “Jika memang mesin sudah dilakukan modifikasi atau upgrade spesifikasi seperti kompresi tinggi, maka disarankan memakai header 4-1. Tetapi kalau mesin masih standar dan pakai header 4-1, torsi seperti hilang,” lanjut Weda.

Nah berbeda lagi dengan header 4-2-1 yang memang ditujukan untuk mobil harian. “Sambungan dari 4 pipa menjadi 2 memang besar, tetapi dari 2 pipa menjadi 1 tidak besar. Jadi bertahap, sehingga power band tidak berubah terlalu jauh. Karena header 4-2-1 sebenarnya sifatnya hanya melancarkan flow saja, jadi tenaga dan torsi tetap di putaran mesin rendah. Makanya mobil bawaan pabrik kebanyakan memakai header 4-2-1,” tutup Weda.


Dari penjelasan singkat diatas, header 4-2-1 maupun 4-1 memiliki kelebihan maupun kelemahan. Jadi, keduanya adalah pilihan tergantung kebutuhan.


- SUMBER -