Demo Site

BEDA TWEETER & FULLRANGE

Speaker 3-way pada dunia car audio terdiri dari tweeter, midrange dan midbass. Namun sekarang juga banyak yang menerapkan speaker 2-way, tetapi tidak menggunakan tweeter untuk mengeluarkan frekuensi tinggi, melainkan fullrange. Kali ini, mengulas perbedaan antara tweeter dan fullrange.

“Perbedaannya di rentang jangkauan frekuensi, jika tweeter mengeluarkan frekuensi mulai dari 1 kHz hingga 20 kHz, sedangkan fullrange jangkauannya lebih lebar, yaitu mulai 60 Hz hingga 20 kHz. Namun jika fullrange dipaksa hingga 60 Hz hasilnya tidak begitu optimal, sehingga penambahan midbass dan subwoofer memang dibutuhkan,” buka Rikky dari Cliport Audio.

3-way speaker system

Tweeter maupun fullrange memiliki 2 model yang sama, yaitu soft dome dan ribbon. “Ribbon memiliki karakter lebih airy, artinya suara cenderung basah dan tidak kering di frekuensi tinggi, contohnya detail suara simbal dapat dirasakan dengan jelas. Sedangkan soft dome memiliki karakter suara vocal yang tebal, namun detail frekuensi tinggi tidak sehebat ribbon. Jadi tergantung selera konsumen,” tutur Rikky.


2-way speaker

Berbeda lagi dengan midrange, karena biasanya hanya menjembatani frekuensi tengah saja. Sedangkan fullrange sanggup mengeluarkan suara frekuensi tengah dan tinggi, dan tweeter hanya berfungsi mengeluarkan frekuensi tinggi.

Anda pilih yang mana?


- SUMBER -