Demo Site

TIPS MERAWAT CAT MOBIL


Mempunyai mobil yang terlihat kinclong memang menyenangkan. Peran cat pada body mobil sangat penting karena cat adalah bagian pertama yang dilihat oleh orang lain pada mobil anda kemudian body mobil dan mesin. Terkadang cat mobil juga dipandang sebagai cerminan dari perilaku pemiliknya :D . Biasanya jika pemiliknya telaten/rajin merawat maka mobilnya akan terlihat lebih mulus/kinclong daripada yang tidak merawat mobilnya. Karena untuk terus mempertahankan warna mobil seperti itu tidaklah mudah. Butuh perawatan ekstra. Berikut ini sebagian tips-tips untuk merawat cat mobil anda

Parkir
Hindari parkir mobil langsung di bawah sinar matahari terik. Apabila terpaksa, usahakan tidak untuk jangka waktu yang lama. Dikarenakan sinar matahari dapat membuat cat mobil anda menjadi kusam dan pecah-pecah.

Mencuci mobil Anda
Kesalahan sering terjadi saat mencuci mobil, yang membuat body mobil baret halus, dan akhirnya cat mobil menjadi rusak. Waktu mencuci mobil yang tepat adalah pada saat temperatur udara tidak panas atau matahari tidak terik, misalnya pada pagi atau sore hari. Selain itu, tekanan pada semprotan air jangan terlalu kencang. Gunakan yang dapat diatur, agar kotoran yang menempel mudah lepas tapi cat tidak rusak karena tekanan yang terlalu kencang. Setelah dicuci mobil segera dibilas menggunakan lap kulit atau kanebo. Hal ini untuk mencegah air yang kering tidak membekas pada body mobil. Jangan biarkan mobil anda kotor dalam waktu lebih dari 3 hari. Apabila dibiarkan tidak tercuci, pasir-pasir/debu dapat menjadi penyebab baret-baret halus. Contohnya adalah pada kontak yang terjadi saat Anda menyeka body mobil dengan kain. Karenanya, membilas mobil anda secara seksama sebelum di lap kering dengan kain sangatlah penting. Bila terkena air hujan harus segera dicuci atau dibilas dengan air bersih karena apabila didiamkan air hujan dapat menimbulkan jamur dan flex pada cat mobil.

Pemilihan Sampo Mobil
Ternyata sampo mobil yang mengandung silicon, biasanya terkandung dalam bahan pengkilam mobil tidak baik untuk cat mobil. Memang dalam jangka pendek akan membuat cat mobil terlihat mengkilap akan tetapi bila penggunaan berlangsung cukup lama akan menyebabkan mobil terlihat kusam. Jadi, jangan gunakan bahan pengkilap meubel untuk mobil Anda. Karena kandungan bahan yang tidak seimbang akan menyebabkan cat anda akan memudar lebih cepat. Sebaiknya gunakan sampo mobil hanya yang mengandung bahan – bahan organik. Misalnya seperti bahan kaolin clay dan carnauba wax atau pastikan juga produk sampo mobil yang anda beli ramah lingkungan serta diakui secara international.

Penggunaan Clay
Apabila kita meraba dengan tangan kita (atau bisa juga kita masukan tangan kita ke dalam kantong plastik dan meraba body mobil kita dengan tangan yang sudah terbungkus plastik tersebut) dan body mobil tersa kasar maka kita membutuhkan treatment clay ini. Tujuannya untuk mengangkat kotoran-kotoran yang menempel pada body mobil, seperti bekas aspal dll. Sehingga dapat menyegarkan dan menghaluskan kembali cat mobil kita. Clay ini bentuknya mirip kaya lilin yang buat mainan anak-anak itu. Cara penggunaannya adalah dengan menggosok clay ini disekujur cat mobil secara merata (clay terlebih dahulu dibasahi dengan air) lalu mobil dibilas dan dilap dengan menggunakan lap kulit/kanebo yang berkualitas.

Beri lapisan Wax
Penggunaan wax sangat baik karena akan melindungi lapisan cat mobil dari sinar UV dan polutan lainnya. Lakukan waxing secara teratur sekitar 2-3 bulan sekali untuk membarikan perlindungan extra. Lapisan wax juga dapat memberi kesan wetlook pada mobil anda sehingga mempercantik exterior.

Car Cover
Apabila anda berencana untuk tidak memakai mobil anda, ada baiknya anda menggunakan car cover. Pilihlah car cover yang waterproof sehingga walapun terkena air hujan tidak menempel di mobil anda. Sebelum menggunakan car cover, cuci lah mobil anda terlebih dahulu sehingga mobil anda bersih dari pasir-pasir debu dan tidak minimbulkan baret halus ketika anda menggunakan car cover.


- dari berbagai sumber -