Demo Site

Aplikasi Rain Repellent, Hindari Panas Matahari

Sudah berhari-hari, sekitar kantor redaksi tak pernah berhenti diguyur hujan cukup lebat. Terlepas suasana kantor jadi dingin bak di pengunungan, justru terbayang nanti selesai kerja, bakal repot mau pulang malam sambil hujan-hujanan.

Bukan repot kabin mobil bocor, tapi karena belum sempat memoles kaca. Jadinya jamur yang menumpuk. Efeknya, jadi bias akibat sinar lampu kendaraan dari arah berlawanan. Ditambah lagi guyuran air hujan yang lebat membuat pandangan pengemudi bakal terganggu.

Makanya di musim penghujan ini disarankan menghilangkan jamur kaca depan terlebih dulu. Lantas, guna memudahkan pandangan dapat menggunakan rain repellent (RR). Sebab RR bisa membuat permukaan kaca selalu licin dan air mudah mengalir turun.

Di pasaran, produk RR beragam, mulai harga Rp 30 ribu sampai Rp 200 ribu. Tapi, prinsip aplikasinya sama saja kok.


Untuk praktek, OTOMOTIF mencoba RR jenis semprot (Gbr.1). Sebelum disemprot, kaca harus bebas ‘noda’. "Paling awal, permukaan kaca harus bersih dulu, baik dari jamur kaca apalagi debu yang menempel," wanti Dede Pino, pemilik bengkel perawatan Garasi di Jl. Bangka Raya, Jaksel. Selanjutnya, biasakan tidak mengerjakan proses ini di bawah terik matahari.


Kalau pun panas terik, kerjakan saja di dalam garasi, dan yakinkan permukaan kaca yang hendak dipoles juga tidak dalam keadaan panas. Karena RR cepat mengering yang ujung-ujungnya malah menimbulkan jamur baru.

So, setelah yakin bersih, tinggal semprot saja ke sebagian permukaan kaca. Enggak perlu seluruh permukaan dulu, biasakan mencoba di bagian kecil agar hasilnya rata. Setelah kaca disemprot, oles dengan lap bahan microfiber hingga merata (Gbr.2).

Lap sampai tak ada lagi bekas semprotan di kaca. Tak hanya kaca jendela depan, kaca bagian samping dan belakang atau kaca spion luar pun tak masalah dipoles dengan cairan ini. Setelah semua permukaan kaca yakin bersih, mesti diingat juga kalau cara kerja RR seperti melapis permukaan kaca dengan wax (Gbr.3). Seiring pemakaian, gesekan karet wiper dengan kaca pastinya bikin lapisan ini menghilang.

Indikasi paling gampang, perhatikanbagian yang bersentuhan langsung dengan karet wiper, akan tampak seperti terpisah dengan kaca lainnya.

Kalau sudah begini, efektifitas RR pasti jauh berkurang. Nah, sebelum mengaplikasi lagi, sebaiknya untuk memoles kaca dengan antijamur dahulu. Nantinya, tinggal ulangi saja proses sebelumnya.

Enggak risau lagi mesti pulang malam dong.