Demo Site

WIRE TUCK

Bikin tampilan ruang mesin bersih nan kinclong mungkin hal yang mudah. Hanya bawa ke salon mobil atau dikerjakan sendiri juga masih disanggupi. Tetapi sekarang ini, tampilan ruang mesin minim kabel atau yang biasa disebut wire tuck sedang nge-trend seperti gambar berikut.




Aplikasi Wire Tuck


“Secara garis besar, wire tuck adalah menyembunyikan kabel-kabel yang tidak enak dipandang mata tetapi tidak menghilangkan fungsinya,” sahut Erick dari workshop DJM yang juga memilikiToyota Corolla DX modifikasi dan mengadopsi wire tuck. “Kabel disembunyikan dengan membuat jalur kabel baru dan yang lama dihilangkan,” sambungnya via BBM.

Hal senada juga dilontarkan oleh Mr. R sebagai salah satu pengurus Estilo Genio Community Indonesia (EGCI). “Dalam pelaksanaannya, wire tuck berkembang lagi. Bukan hanya menyembunyikan kabel yang serabutan, tapi juga membuat tampilan mesin menjadi seminimalis mungkin,” bilangnya. “Tujuannya sederhana saja, engine bay terlihat clean, simpel, minimalis tanpa kabel yang melintang sana sini,” sahutnya.

Loh, lantas kabel-kabel tersebut dipindahkan kemana? “Kalau disini, biasanya kabel-kabel dipotong kemudian disambung lagi supaya bisa melewati jalur yang tidak terlihat dari depan dan atas mesin. Untuk kabel-kabel yang terhubung ke kabin biasanya melewati belakang girbox kemudian masuk ke dalam fender,” sambung Mr. R yang juga via be-be-emmmmm.

Dengan begitu, kotak sekring dan aki pun juga ikutan pindah ke dalam kabin. “Malahan akan memperpanjang umur aki karena tidak terkena suhu panas mesin,” jelasnya. Tetapi bukan berarti wire tuck memiliki kelemahan. “Ada efek negatif. Kalau ada trouble, harus buka fender dan lebih rumit harus mencari kabel yang bermasalah karena kabel menjadi lebih panjang, jadi membutuhkan waktu dan tenaga yang lebih,” jawab Mr. R.

Menurut beberapa sumber, pengerjaan wire tuck memakan biaya dari Rp 1,5 juta hingga Rp. 4 juta tergantung tingkat kesulitan dan jenis mobil itu sendiri. “Di luar negeri sudah ada harness kit untuk wiring B-Series Engine dengan harga sekitar $500-an,” jelas pemilik Honda Civic Estilo ini.


- SUMBER -