Demo Site

PENGGUNAAN REM TANGAN


Selain untuk menjaga mobil tidak menggelinding saat parkir, fungsi lain rem tangan bisa untuk manuver balik arah dengan cepat pada area terbatas, tanpa harus maju-mundur berulang kali. "Harus dilakukan dengan cara dan waktu yang tepat," ujar Alvin Bahar seusai acara test drive Honda Brio di Bandung, kemarin (30/8).

Namun, Alvin tetap menganjurkan untuk latihan terlebih dahulu di lokasi yang aman, luas, dan lintasan rata, sebagai antisipasi kecelakaan. Dalam latihan, upayakan menyinkronkan gerakan tangan menarik tuas rem dengan kaki saat menginjak pedal gas dan kopling.

Waktu
Bila sudah dapat lokasi, ikuti langkah-langkah ini. 
Pertama, tentukan lokasi pengereman (braking point) dan titik untuk mulai berbelok. Buat pengguna transmisi manual, sebelum belok, masuk gigi rendah untuk mendapatkan torsi yang cukup untuk kembali berakselerasi. "Angkat pedal gas dan rem dulu, baru lakukan perpindahan gigi sehalus mungkin (saat melepas kopling dan mengarahkan tuas pada posisi gigi rendah) untuk mengantisipasi kerusakan girboks," urai pebalap Honda Racing Team ini. Jika menggunakan girboks otomatis, maka kita hanya memainkan rem dan gas serta konsentrasi pada putaran setir dan arah.
Kedua, putar setir ke arah yang dituju, ketika bodi belakang sedikit terangkat, tarik tuas rem tangan untuk membantu menggeser bagian belakang. Jangan menarik tuas rem tangan saat posisi mobil masih lurus karena bagian belakang sulit melintir mulus lantaran roda belakang cenderung terkunci.

Cara
Ketika menarik tuas rem tangan, usahakan barengi dengan menekan tombol yang berada di ujung rem tangan, dan jangan dilepas. Tombol tersebut boleh dilepas dibarengi dengan menurunkan tuas rem tangan. Waktu yang tepat untuk membebaskan rem tangan adalah saat posisi depan sudah masuk ke arah yang dituju. Melepaskannya pun harus spontan.

Untuk tetap mempertahankan laju kendaraan dan bisa langsung berakselerasi, pengaturan waktu menginjak pedal gas dan melepas kopling harus sesuai. Jika tidak, maka mesin mobil akan mati.


- SUMBER -